Sebuah Komunitas Baru Di Indonesia : Ende

Map of Indonesia, Philippines, part of Australia.Keuskupan Agung Ende terletak sekitar 2.000 km dari Jogjakarta (dimana FCJ mempunyai dua buah komunitas yang lain).

Keuskupan ini meliputi wilayah dua kabupaten. Jalan-jalannya sangat berbelok-belok dan dalam kondisi buruk.

Map of the Island of Flores.

A Flores sunrise.Agnes looks at the beauty of Flores.Banyak desa yang terpencil, mereka belum mendapatkan akses listrik PLN dan mengalami kekurangan air. Walau demikian banyak tempat indah di wilayah ini.

Umat katoliknya berjumlah sekitar 400.000 jiwa dan merupakan mayoritas (90%) di dua kabupaten ini. 

Kota Ende sendiri berpenduduk sekitar 70.000 jiwa dan merupakan suatu kota pelajar.  Di kota ini ada sebuah universitas yang sampai baru-baru ini merupakan satu-satunya universitas di seluruh Flores.

Welcoming ceremony for the new Bishop.
Upacara Penyambutan Uskup

Sr. Margaret with some of the local people.Kerasulan kami di Ende

Ada tiga orang suster FCJ tinggal di Ende.  Di sini kami belajar tentang budah setempat dan juga diperkaya oleh gereja local dan masyarakatnya.

Kami melayani kebutuhan umat sesuai bakat dan kemampuan kami.

Sr. Margaret FCJ bersama orang setempat.

                   Menimbang badan                                                    Di klinik

Waiting at the clinic in Ende.

Narni with some of the children.Sr. Maria Sunarni FCJ (Narni) bekerja di sebuah LSM Internasional, bernama Christian Children’s Fund (CCF), yang bekerja bagi anak-anak. CCF mengupayakan agar anak-anak dapat bersekolah dan mempunyai lingkungan yang baik untuk bertumbuh.

Narni bersama anak-anak

Yustin at Kalimatu.

Sr. Yustina Tukiyem FCJ (Yustin) bekerja di Pusat Pastoral Keuskupan Agung Ende. Tugasnya di sana meliputi hal-hal administrasi, mengelola kantor, dan juga mengatur serta memfasilitasi pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh komisi-komisi di keuskupan ini. Dia juga terlibat dalam monitor dan evaluasi program-program pastoral keuskupan.

Yustin di Kelimutu

Afra with some of the local children.

Sr. Afra Primadiana FCJ (Afra) bekerja untuk dan bersama orang muda.  Dia masuk dalam Tim Pastoral Pelajar Keuskupan Agung Ende yang memberikan pelatihan kepemimpinan, pengembangan kepribadian serta retret bagi para pelajar.  Dia juga melakukan pendampingan pastoral bagi para mahasiswa yang kos atau tinggal di asrama di sekitar Ende.

Afra bersama anak-anak tetangga


 

Sebagai komunitas kami juga mempunyai kerasulan bersama. Di biara kami menyediakan suatu perpustakaan kecil bagi anak-anak dan mahasiswa. Kami juga mengajar matematika, bahasa Inggris dan agama bagi anak-anak di sekitar rumah. Selain itu kami memberi rekoleksi, mengundang orang lain untuk ikut doa bersama kami, dan yang terpenting: menawarkan persahabatan.

Yustin and Narni with a group of young people.         Participating in a rally against the death penalty.
Kerasulan untuk orang muda
(kiri: Yustin, kanan: Narni)
Ikut serta dalam demonstrasi menentang
hukuman mati
bagi orang yang tidak bersalah di Indonesia

 

Photos of the FCJs in Ende.
Sahabat dalam Perutusan
Semoga Tuhan dimuliakan lewat pelayanan kasih dan cara hidup kami.

A photo of a sister praying in the chapel.         Photo of the chapel.
Komunitas yang berdoa