Section title text:  Recent News.

“DENGAN GEMBIRA KUWARTAKAN TUHAN!”
UPACARA TIGA KAUL KEKAL – TIGA ALASAN UNTUK BERPESTA!
2 dan 3 Januari 2010, Yogyakarta

FCJ Group present for Vows.Akhir minggu 2 dan 3 Januari 2010 sungguh merupakan hari yang bersejarah bagi FCJ. Karena untuk pertama kalinya di Indonesia 3 suster kami mengikrarkan kaul kekal secara bersama-sama.

Sepanjang akhir minggu itu -hasil perencanaan dan persiapan selama berbulan-bulan- sungguh berjalan dengan baik. 20 FCJ hadir dalam seluruh rangkaian upacara. Semua FCJ yang ada di Indonesia dan tiga suster dari Australia: Sr. Barbara Brown Graham (Provinsial), Ann Mary Connolly dan Helen Mary Langlands serta satu suster dari Philippina: Sr Elvisa Camilion. Kami bergembira karena Julie Chamberlain, seorang sahabat dalam misi dari Australia datang untuk bergabung dengan kami dalam acara ini. Beberapa teman dekat dan rekan kerja juga tinggal bersama kami pada akhir minggu tersebut: Merelie Baga and Ma. Charo Poligrates dari Philippina, Tyas seorang teman dari Ambarawa dan dua suster RSCJ : Lulut and Tencia.

Kami berkumpul di Soropadan Sabtu 2 Januari pukul 5 sore untuk doa syukur. Dalam doa ini kami berterima kasih untuk 3 suster kami Beta, Inez and Wina, untuk hidup dan panggilan mereka sebagai FCJ dan bagi semua yang telah mengantar mereka kepada kaul kekal ini.

Beta, Inez and Wina membagikan kisah panggilan mereka sebagai FCJ dan orang-orang yang telah berjasa bagi mereka. Mereka berterima kasih pada keluarga dan teman-teman, pada orang-orang yang dikirim untuk bekerja dengan mereka atau bekerja bagi orang-orang tersebut. 

Kami berterima kasih pada semua suster FCJ dan Sahabat dalam Misi dimuloai dengan Marie Madeleine, pendiri serikat kita.

“Terima kasih bagi rahmat terindah untuk mengenal Yesus putraMu dan keinginan untuk mengikutiNya. 
Murnikan dan kuatkan karisma FCJ dalam diri kami.  Semoga kami menghidupi persahabatan kami dengan Yesus secara lebih mendalam dan lebih setia, sehingga orang lain juga menginginkan rahmat yang sama sebagai suster FCJ atau Sahabat dalam Misi.”

Welcomng the finally professed sisters.

Doa syukur diikuti dengan makan malam yang nikmat yang disertai dengan persahabatan yang akrab satu sama lain. Suasana yang menyenangkan, percakapan yang hidup, banyak tawa dan semangat kegembiraan ada di tengah kami. Kesempatan untuk berbagi dan merayakan kegembiraan bersama sungguh hidup malam itu. Ini sangat penting karena fokus kita hari Minggu adalah untuk menemani tamu-tamu dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari perayaan kami.

Fajar merekah di hari Minggu yang indah dan cerah. Doa kami meminta hari yang cerah telah dikabulkan. Langitnya begitu biru dan kami bisa melihat Merapi, gunung itu berdiri dengan gagah di ufuk utara, bahkan gunung itu berhias bagi acara kami!   

Upacara kaul dimulai pukul 11 pagi di Kapel Universitas Sanata Dharma, kapel St Robert Bellarminus. Dari pukul 9.30 pagi para suster FCJ sudah mulai bersiap-siap di kapel. Berangkat awal atau akhir tegantung dari tugas masing-masing. Pukul 10.30 semua FCJ sudah tiba di tempat dan tamu mulai berdatangan. Beta, Inez dan Wina mengundang sejumlah tamu pribadi: keluarga dan teman. Begitu juga dengan FCJ. Kami mengundang: teman-teman separoki, Sahabat dalam Misi, anggota Magis, rekan kerja, tetangga, murid dan rekan sejawat. Kapelnya penuh, bahkan beberapa orang harus duduk di luar. Sungguh sesuai dengan nama kami, mereka yang datang untuk berpesta bersama kami adalah sahabat kami.

Tepat pukul 11 koor menyanyikan lagu untuk perarakan dan Beta, Inez and Wina melangkah masuk ditemani Barbara, yang akan menerima kaul, Afra and Irene sebagai saksi dan Rm. Andre OMI yang merayakan misa. Tema misa adalah “Dengan gembira kuwartakan Tuhan”, dari awal kegembiraan dan syukur sudah sangat nyata. Dengan sendirinya kami merasa tenang dan tersenyum. Bacaan diambil dari Kidug Agung 8: 6-8; 1 Yohanes 4:8b – 19 dan Yohanes 20: 11- 18. Mereka menekankan kebesaran cinta Tuhan, cinta yang memanggil kita untuk berbagi dengan yang lain demi kerajaan Allah.  Rm Andre mengingatkan 3 suster kami bahwa cinta yang mereka berikan bagi orang lain pertama-tama diberikan oleh Allah kepada mereka. Cinta yang membimbing mereka untuk memberikan semuanya bagi Tuhan, yang akan menuntun mereka kepada salib. Homili ini sangat menyentuh karena Rm Andre merujuk pada aspek penting karisma kami.  

Inez, Beta and Wina made their vows one by one.

Pukul 11.40 Pengikraran Kaul dimulai. Bersamaan  dengan lantunan doa kami yang meminta Roh Kudus untuk memenuhi suster-suster kami, kami merasakan kehadiran Roh Kudus di tengah-tengah kami. Ketika litani dinyanyikan, kami meminta doa dari Marie Madeleine dan semua suster FCJ yang telah mendahului kami. Tepat pukul 11.55 ketiga suster mengikrarkan kaul mereka, satu demi satu. Suasananya begitu kusuk dan penuh dengan emosi. Banyak dari kami meneteskan air mata pada saat itu…air mata cinta, kebanggaan dan kegembiraan luar biasa. Segera setelah Magnificat dikumandangkan di kapel ini, semua FCJ mendatangi dan memberikan ucapan selamat bagi suster kita yang baru saja berkaul kekal. Sungguh saat yang membahagiakan!     

Sesudah Misa, para hadirin segera berbaris untuk mengucapkan selamat kepada Beta, Inez, and Wina, keluarga mereka dan para. Lalu menuju gedung Universitas untuk menikmati makan siang yang telah disediakan. Tersedia ayam, omelet, sayuran dan nasi diikuti dengan es puter yang melimpah bagi mereka. Kami juga menikmati teh, air dan sirup jeruk yang menyegarkan di hari yang sagat panas itu.

Sore harinya, kami berkumpul di Soropadan untuk menemani para suster membuka hadiah dan kartu bagi mereka. Banyak ucapan selamat dari FCJ dan Sahabat dalam Misi di seluruh dunia. Kami mengakhiri hari yang indah ini dengan lagu bagi bunda Maria. Kami sungguh berterima kasih pada Tuhan! 

Back to news ...

Serikat kita yang kecil ini bertujuan
     memuliakan hati Yesus
           dengan segala cara yang bisa dibuat Serikat ...     (Marie Madeleine)