Section title text:  Recent News.

Pengikraran Kaul Kekal di Manila - VanVan Reposar fcJ
14 April 2012

Setiap orang yang pernah mengahadiri sebuah pernikahan yang bahagia bisa membayangkan kegembiraan kami para FCJ yang menghadiri kaul kekal Vanvan pada tanggal 14 April 2012. Petang hari sebelum hari besar, diadakan doa khusus dimana kami mengucap syukur atas hidup dan panggilan VanVan. Doa syukur ini berlangsung di Kamias, tak jauh dimana Vanvan tinggal.

Semua FCJ yang tinggal di Manila hadir dalam doa ini. Hadir pula Sr Judith Routier FCJ, provincial, beberapa suster FCJ yang datang mewakili provinsi Asia-Australia, Pat Fitzgerald VanVan makes her final profession.wakil para Sahabat dalam Misi (CIM). Hadir pula tamu undangan khusus: keluarga dan teman-teman Vanvan, juga empat perempuan muda penerima beasiswa serta beberapa teman suster-suster FCJ di Manila.

Doa syukur berlangsung secara khidmat dan gembira. Peristiwa yang paling mengesankan ketika Vanvan meminta berkat kepada semua hadirin.

Setelah doa, kita menikmati santap siang bersama para tamu undangan.

Perayaan kaul berlangsung di kapel “Los Desposorios”, Panay Avenue. Umat yang hadir meliputi keluarga Vanvan, para suster FCJ, Sahabat dalam misi, anggota MAGIS FCJ, kerabat kerja FCJ, para staf di FCJ Center , para penerima beasiswa yang di sponsori oleh FCJ, warga paroki serta  teman-teman FCJ.

FCJ Sisters gathered for VanVan's profession with VanVan.Ketika waktu menunjuk pukul dua siang koor mulai menyanyikan dengan indah ‘Sing to the Mountains’ dan Misa dimulai. Kemeriahan perayaan sangatlah terasa dan menggembirakan. Setiap orang yang dalam Misa disapa dan dilibatkan oleh Pemimpin Misa, Rm Hartono Budi SJ. Amatlah indah ketika keluarga serta teman-teman Van-Van disambut  secara khusus. 

Selama homili, Rm Hartono menggambarkan kaul Vanvan sebagai saksi akan kesetiaan dan akan Yesus yang bangkit. Romo Hartono juga mengingatkan kita semua akan pentingnya bertemu, mengenal, sadar serta mengasihi Yesus yang bangkit sehingga kita pun mampu diutus untuk melanjutkan misi dalam namanya.

Ketika datang saatnya Vanvan mengikrarkan kaul, dia melangkah kedepan dan mengucapkan kaulnya dengan penuh keyakinan.

Setelah menandatangani buku kaul di altar, Vanvan disambut sebagai anggota penuh dalam Serikat dan setiap FCJ Companions in Mission with VanVan.suster FCJ yang hadirpun turut menyambutnya dengan gembira. Setelahnya semua suster FCJ berdiri dan menyanyikan lagu tradisional ‘’Magnificat.’’

Setelah Misa, kita semua berjalan ke sebuah rumah makan terdekat untuk santap siang. Vanvan  bertemu setiap yang hadir dan berterima kasih untuk kehadiran mereka. Vanvan membagikan bookmark kepada setiap orang sebagai kenangan atas hari yang indah.

Pada hari berikutnya semua suster fCJ yang hadir beserta keluarga Vanvan menikmati waktu hening bersama juga ketika Vanvan membuka kartu ucapan yang dikirim oleh suster FCJ diseluruh dunia. Saat kita menutup hari, kita menyanyikan lagu ‘magnificat’ sekali lagi dan bersyukur atas hari yang indah dan berahmat.

Serikat kita yang kecil ini bertujuan
     memuliakan hati Yesus
           dengan segala cara yang bisa dibuat Serikat ...     (Marie Madeleine)