Section title text:  Archived News.

Decade of Peace and Non-Violence.

Peace in our World graphic. Go to Site of International Decade for a Culture of Peace and Non-Violence.

Pada tanggal 19 November 1998, Sidang Umum PBB ke-53 yang mengatakan bahwa 'dasawarsa perdamaian dan anti kekerasan di awal milenium yang baru akan banyak membantu usaha komunitas internasional untuk menggalakkan perdamaian, keharmonisan dan hak asasi manusia, demokrasi dan perkembangan di seluruh dunia,'menetapkan tahun 2001-2010 sebagai

Dasawarsa Internasional bagi Perdamaian dan Anti kekerasan
bagi Anak-anak.

Klik jika ingin informasi lebih jauh pada Resolusi dan Sumber Informasi Lainnya.

 


FCJ dan Dasawarsa Anti Kekerasaan

Dasawarsa pertama dalam milenium baru ini telah ditetapkan sebagai dasawarsa anti kekerasan. Cara apa yang paling cocok untuk menandai waktu yang penuh rahmat ini. Jalan-jalan Setapak dari Kapitel Umum menawarkan sebuah cara untuk membuat kharisma kami terwujud dalam realitas zaman ini, mengajak kami untuk menanggapi kebutuhan-kebutuhan saat ini. Sangat luar biasa melihat bagaimana Jalan-jalan Setapak menggaungkan tema anti kekerasan. Hidup dalam kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam segala ciptaan, bertindak adil dan berjuang untuk membela keadilan dalam segala tindakan yang kita lakukan, terus menerus melaksanakan pertobatan di dalam cara hidup kita sehingga jurang antara orang kaya dan orang miskin menjadi berkurang- semua ini adalah ungkapan akan kerinduan untuk hidup dalam keharmonisan dan perdamaian yang dibawa oleh Yesus. Solidaritas kita untuk mendukung martabat perempuan, dan kerinduan kita untuk menjembatani perbedaan budaya sebagai tanggapan atas nilai-nilai Injil dan cara hidup inklusif yang ingin kita hidupi, berakar pada sikap menghormati dan sikap kelemahlembutan yang menjadi karakteristik hidup kita. Menghidupi Jalan-jalan Setapak seperti menghidupi kehidupan anti kekerasan bukanlah menyangkut banyaknya hal yang kita lakukan tetapi lebih menyangkut tentang jati diri kita dan menjadi orang seperti apakah yang kita inginkan. Jalan- jalan Setapak tidak hanya mempengaruhi kehidupan kerasulan kita tetapi juga cara kita berelasi satu dengan yang lain. Penting bagi kita untuk melihat bahwa kita tidak sendirian dalam usaha yang kita lakukan di dalam Serikat untuk menghidupi cara yang ditunjukkan Yesus kepada kita secara penuh. Inspirasi yang datang kepada kita melalui identitas kita sebagai Sahabat Setia Yesus bertemu dengan perjuangan banyak orang yang mencari makna, orang-orang yang dicurahi panggilan yang sama untuk hidup di dalam cinta dan keadilan oleh Roh, orang-orang dari berbagai kepercayaan dan tradisi. Marilah kita membuka diri pada kekayaan mereka yang ditawarkan kepada kita dan marilah kita bergembira karena menjadi bagian dari gerakan yang sangat besar dan tak mampu dibendung ini. Namun ada rasa yang lebih dalam di mana kita tidak sendirian, seperti kata-kata yang diungkapkan dengan baik sekali oleh Oscar Romero:

"Manusia rindu akan kedamaian, keadilan, akan sesuatu yang suci, yang jauh dari realitas dunia. Kita dapat memiliki harapan semacam itu, bukan karena kita dapat membuat alam kebahagiaan yang diwartakan oleh Sabda Allah, tetapi karena ang membangun kerajaan keadilan, cinta dan kedamaian telah berada ditengah-tengah kita."(Oscar Romero, "The Violence of Love", disusun dan diterjemahkan oleh James Brockman SJ dan diterbitkan oleh The Plough Publishing House, Farmington, USA)

United Nations High Commissioner for Refugees;

You can learn more about the plight of refugees worldwide
by clicking on the logo at the right ...

Logo of the United Nations High Commissioner for Refugees.

Kembali ke berita arsip …

Serikat kita yang kecil ini bertujuan
     memuliakan hati Yesus
           dengan segala cara yang bisa dibuat Serikat ...     (Marie Madeleine)