Section title text:  Archived News.

Pengikraran Kaul Pertama, Yustin dan Narni
Soropadan, Indonesia, 10 September 2005

Photo of the welcoming ceremony.Tema yang kami pilih adalah “Hidup dalam Cinta”, yang merupakan refleksi dari pengalaman kami dicintai Allah dan panggilanNya untuk mencinta.  Perayaan Kaul Pertama terdiri dari tiga liturgi: Penerimaan ke dalam serikat FCJ (Welcoming), Perayaan Ekaristi pengikraran Kaul Pertama dan Perutusan (Missioning).

Penerimaan ke dalam Serikat / Welcoming
Pada hari Sabtu, 10 September 2005 di susteran FCJ Soropadan. Kami melakukan acara doa bersama yang dihadiri oleh sahabat-sahabat FCJ dari komunitas Soropadan dan Baciro, serta dua orang suster SSCC yang tinggal di komunitas. Doa yang indah disiapkan oleh Rachel fcJ dan Sisca fcJ, dengan beberapa lagu yang telah kami pilih untuk acara khusus ini.  Bacaan yang dipilih tentang panggilan untuk mengasihi yaitu dari injil Yohanes 15: 9-15.

Sr. Barbara Brown-Graham fcJ selaku Provinsial, menerima kami sebagai anggota serikat FCJ. Dalam sambutannya ia membagikan “Telling Our Story”,  dimana ia menceritakan secara singkat sejarah dan kisah perjalanan beberapa suster FCJ yang datang ke Indonesia baik yang masih tinggal di komunitas Indonesia sampai sekarang maupun mereka yang telah pindah ke tempat lain. Mereka datang ke Indonesia sebagai pengikut Yesus dan sebagai sahabat Marie Madeleine, Pendiri Serikat kami. Mereka semua sebagai perempuan dalam misi telah menjadi pendahulu kami di sini. Sampai hari ini masih ada perempuan yang menghidupi  spirit Marie Madeleine di Indonesia.

Tanda penerimaan ke dalam serikat menggunakan simbol dua lilin yang diambil dari dekat foto Marie Madeleine lalu diberikan oleh dua suster FCJ kepada kami sebagai lambang selamat datang dari Serikat FCJ. Selanjutnya kami meletakkan ke Altar (sacred space)  sebagai persembahan kepada  Allah dengan perantaraan Bunda Maria, Bunda dan Pemimpin Umum serikat kita. Kemudian kami bersama-sama melakukan tarian dengan lagu In Love We Choose To Live. Akhirnya kami menutup acara penerimaan dengan menyanyikan lagu Joyful in Hope.

Perayaan Ekaristi dan Pengikraran Kaul Pertama
Acara Perayaan Ekaristi dan pengikraran Kaul Pertama, dilaksanakan pada hari Minggu, 11 September 2005, di Soropadan. Perayaan dipimpin oleh Romo Paul Suparno, SJ dan disemarakkan dengan kelompok koor gabungan dari mudika Lingkungan Pringwulung I  dan dibantu oleh beberapa teman kami.

Photos of the two novices making vows and afterwards near the altar.

Pada prosesi awal kami menuju altar didampingi oleh orangtua dan wakil. Mereka menyerahkan kami kepada serikat FCJ, yang diterima oleh Sr. Barbara fcJ sebagai wakil dari serikat.

Pada saat pengikraran kaul pertama, Barbara sebagai wakil dari pemimpin umum Sr. Katherine Mary O Flynn fcJ didampingi oleh dua orang saksi. Ketika Yustin membacakan formula kaul disaksikan Sr. Margaret OD fcJ dan Sr. Afra fcJ, sedangkan Narni disaksikan oleh  Sr. Maryrose fcJ dan Sr. Clare Hand fcJ. Selanjutnya dilakukan pemberian lencana oleh Sr Barbara fcJ yang diwakili oleh Sr. Marion fcJ dan pemberian konstitusi oleh Sr. Agnes Samosir fcJ.

Seluruh rangkaian perayaan ekaristi berjalan lancar dan baik. Para hadirin terdiri dari anggota keluarga kami, sahabat dekat kami dan  relasi dekat dari komunitas FCJ.  Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada kami yang berkaul, makan siang bersama, pengambilan foto bersama para suster FCJ, keluarga dan teman-teman. Suasana perayaan itu penuh dengan  kegembiraan.

Missioning
Photo of Missioning Ceremony.Acara Perutusan dilaksanakan pada hari Senin, 12 September 2005. Acara diawali dengan doa pada jam lima sore di komunitas Soropadan, dihadiri oleh semua suster FCJ.

Bacaan di ambil dari Yohanes 20:11-18 tentang Maria Magdalena yang mengalami kebangkitan Yesus dan diutus oleh Yesus untuk mewartakan Kabar Gembira. Maria Magdalena mewartakan Kabar Gembira kebangkitan kepada para murid lain dengan penuh semangat, antusiasme dan kegembiraan. Kesiapan dan kesediaan Maria Magdalena mewartakan Kabar Gembira ini mengundang kita untuk juga siap sedia menjalani perutusan Tuhan melalui serikat, dan di manapun kita diutus.

Sr. Barbara fcJ sebagai Provinsial Asia-Australia membacakan surat perutusan dan menyampaikan kepada kami masing-masing. Isi perutusan itu adalah bahwa kami diutus ke komunitas Baciro dan selanjutnya diutus ke komunitas baru yang akan didirikan di daerah lain di Indonesia. Sebelum membacakan surat perutusan, Sr. Barbara fcJ mengingatkan bahwa sebagai FCJ kita selalu ada dalam perutusan kecil sehari-hari, dan seringkali kita lebih mudah menjawab “ya” pada perutusan yang besar, namun lebih sulit menjawab pada perutusan kecil dalam hidup harian di komunitas maupun di tempat kerasulan.

Setelah penyampaian perutusan, kami menerima berkat dari seluruh anggota komunitas dengan doa yang dituliskan pada pita dan dibacakan oleh Sr. Marion fcJ dan Sr. Clare fcJ. Setelah membacakan doa Sr. Marion fcJ dan Sr. Clare fcJ mengalungkan pita itu kepada kami. Dan akhirnya doa perutusan ditutup dengan menyanyikan bersama  lagu “Berpadu Setia”.


Kami bersyukur dan berterimakasih atas segala bentuk dukungan dan doa dari para suster FCJ di seluruh dunia. Semoga rahmat Tuhan senantiasa melimpah untuk kita dan memampukan kita untuk semakin hidup dalam cintaNya.

Narni FCJ dan Yustin FCJ

Kembali ke berita arsip …

Serikat kita yang kecil ini bertujuan
     memuliakan hati Yesus
           dengan segala cara yang bisa dibuat Serikat ...     (Marie Madeleine)